Guys, apa saja sih yang perlu dipersiapkan pada Hari Raya Idul Fitri ? Check yuk

Aktivitas Asian - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar dimana seluruh umat islam berbahagia dan bersuka cita merayakannya setelah kurang lebih 30 hari berpuasa dan dihari raya idul fitri ini semua orang saling memaafkan, yang berselisih pendapat, saling benci, emosi meledak serta aktivitas yang pernah terjadi sebelumnya yang membuat salah paham dan semua kini saling memaafkan.

 


Hari Raya Idul Fitri yang dikenal secara Internasional dengan sebutan nama Ied Mubarak dan secara rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 syawal pada penanggalan Hijiriah ini merupakan budaya yang dilakukan setiap tahun sekali dan diselenggarakan secara meriah khususnya bagi umat islam. 

Yuk kita lihat, apa saja sih kegiatan yang biasa dilakukan umat islam dalam merayakan hari raya idul fitri ?


1. Menyajikan Hidangan Hari Raya

Hari Raya Idul Fitri biasanya terkenal dengan hidangan hari raya seperti ketupat sayur dan soup buah. Biasanya mereka yang merayakan menyajikannya untuk dimakan sanak saudara yang datang berkunjung untuk silahturahmi. Adapun berbagai makanan ringan, snack serta buah-buahan yang disajikan ditempat.

2. Menggunakan Pakaian Rapih

Biasanya rutinitas setiap tahun untuk merayakan hari besar, kebanyakan umat muslim bangun pagi dan mandi agar segera mengenakan baju rapih, sopan atau pakaian terbaik pada hari besar tersebut. Jika belum sempat membayar zakat fitrah, segeralah ambil beras sebanyak 3,5 liter atau 2,5 kg untuk diberikan kepada fakir miskin yang ada di sekitar kita sebelum sholat ied.

3. Sholat Ied Berjamaah dan Mendengarkan Khutbah

Sebelum jam tujuh pagi usahakan sudah sampai di tempat dilaksanakannya sholat sunah ied idul fitri. Biasanya sholat akan dilaksanakan tepat jam tujuh pagi sehingga orang yang terlambat hanya akan mendapatkan khotbah id saja. Jangan lupa membawa koran bekas untuk alas sajadah tempat sholat kita. Jika sajadah langsung dipakai sholat tanpa alas dikhawatirkan sajadah akan kotor. Terlebih lagi jika habis hujan akan membuat sholat kita sangat tidak nyaman.

4. Minal Aidin Wal Faidzin (Saling Bermaaf-maafan)

Dihari kemenangan ini kita khususnya yang beragama muslim tentunya saling bertegur sapa, dan saling meminta maaf satu sama lain, jika ada perkataan yang saling menyinggung atau sikap yang mengandung dosa. Mudah-mudahan dengan bersama-sama saling memaafkan dapat membantu meminimalisir dosa kita di Bumi ini.

5. Silahturahmi

Tali Silahturahmi sangatlah penting. Jika acara sudah selesai biasanya ada kunjungan keluarga, tetangga, kerabat atau orang terdekat untuk silahturahmi. Berkumpul bersama yang membuat tali persaudaraan semakin melekat.

6. Sosial Media

Notifikasi akan penuh ketika hari H nya, semua orang pasti mengucapkan pesan secara pribadi maupun global. Hal ini sangat berpengaruh jika ada beberapa diantara kita yang berhalangan hadir, kondisi rumah yang jauh atau bekerja dinas keluar kota, dsb. Biasanya dilakukan via telepon, sms, atau sosial media lainnya yang berhubungan dengan internet.

7. Pulang Kampung

Meski padatnya antrian kereta, bus atau mobil charteran, tidak menghambat kita yang melakukan pulang kampung secara bersamaan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri secara bersamaan. Dan ini biasanya ada yang tugasnya merantau dan hanya setiap tahun baru umat islam saja pulangnya, karena mendapatkan cuti terpanjang sehingga berkesampatan menghabiskan waktu bersama saudara, keluarga dan orang-orang terdekat.


Komentar

Postingan Populer